9 tips membangun bisnis baru
9 tips membangun bisnis baru. Maraknya dunia usaha di Indonesia yang tumbuh bak cendawan di musim penghujan yang terjadi paska krisis moneter yang melanda negeri ini patut dibanggakan. Pasalnya, usaha kecil dan menengah adalah sebagai backbone atau tulang punggung Negara yang tahan menghadap bagai krisis, karena mereka lebih fleksibel untuk mengubah bentuk sesuai dengan kebutuhan.
Nah, untuk itu suatu dibutuhkan persiapan sekecil dan sederhana apaun. Bukan berarti kita haus takut dan banyak berfikir sehingga akhirnya waktu dan tenaga kita terkuras hanya untuk memikirkan how to begin and make preparation create a business. Ini lebih kepada bagaimana membuat usaha atau bisnis kita nantinya dapat brejalan dan dijalankan dengan baik, kuat dan penuh strategi. Terlebih melihat persaingan yang ada sekarang, sebuah bisnis dituntut untuk bisa bersaing diantara puluhan bahkan ribuan pesaing.
Tips sederhana membangun bisnis
Untuk itu berikut adalah tips-tips sederhana yang rasanya perlu kita perhatikan dalam memulai suatu bisnis.
1. Tabunglah sebanyak mungkin uang sebelum Anda memulai sebuah bisnis
1. Tabunglah sebanyak mungkin uang sebelum Anda memulai sebuah bisnis
Terlalu sering terjadi, dalam membuat sebuah bisnis baru, orang selalu menggunakan pinjaman uang, entah dari teman, bank atau Small Business Administration (SBA) sebuah lembaga kredit keuangan bagi usaha kecil. Mereka berharap dan berpikir bahwa mereka akan dapat mengembalikan pinjaman dengan segera dari profit yang mereka hasilkan dari bisnisnya.
Mereka sebetulnya tidak menyadari bahwa untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis yang baru dibangun membutuhkan waktu dalam hitungan bulan atau bahkan tahun. Dan ketika si pemberi pinjaman mengetahui bahwa bsnis tersebut tidak memberikan keuntungan seperti yang diharapkan, pemberi pinjaman mungkin akan memberi pinjaman atau menolak untuk meminjamkan lagi di masa mendatang. Akhirnya yang terjadi banyak diantara mereka yang kemudian membreikan jaminan rumah atau menggunakan kartu kredit mereka untuk melunasi pinjaman.
Maka cara terbaik untuk membuat sebuah bisnis adalah dengan menabung uang sebanyak mungkin untuk keperluan investasi, termasuk biaya hidup Anda untuk satu atau dua tahun pertama. Untuk mengantisipasi kalau-kalau usaha Anda tidak menguntungkan di tahun pertama atau kedua.
Mereka sebetulnya tidak menyadari bahwa untuk mendapatkan keuntungan dari sebuah bisnis yang baru dibangun membutuhkan waktu dalam hitungan bulan atau bahkan tahun. Dan ketika si pemberi pinjaman mengetahui bahwa bsnis tersebut tidak memberikan keuntungan seperti yang diharapkan, pemberi pinjaman mungkin akan memberi pinjaman atau menolak untuk meminjamkan lagi di masa mendatang. Akhirnya yang terjadi banyak diantara mereka yang kemudian membreikan jaminan rumah atau menggunakan kartu kredit mereka untuk melunasi pinjaman.
Maka cara terbaik untuk membuat sebuah bisnis adalah dengan menabung uang sebanyak mungkin untuk keperluan investasi, termasuk biaya hidup Anda untuk satu atau dua tahun pertama. Untuk mengantisipasi kalau-kalau usaha Anda tidak menguntungkan di tahun pertama atau kedua.
2. Mulailah dengan Apa Adanya
Berpikirlah dari yang kecil. Jangan menyewa tempat terlebih dahulu kalau Anda masih dapat melakukan itu di tempat sendiri dan jangan merekrut pegawai kalau memang Anda belum terlalu membutuhkannya. Orang yang memulai bisnisnya dengan sederhana, seperti memulainya dengan memanfaatkan garasi, ruang kecil yang tidak terpakai atau bahkan tempat sampah/gudang, dan membuat barang-barang atau pelayanan pertama mereka dengan lebih banyak keringat ketimbang uang, bersusah payah.
Mereka mendapatkan suatu kemewahan membuat suatu kesalahan yang tak terelakkan dalam skala kecil saja. Dan itu pasti karena mereka baru memulai, mereka tidak terjerat dalam hutang, mereka biasanya dapat belajar dari kesalahan dan dapat keluar dari problem yang mereka hadapi.
3. Lindungilah Aset Pribadi Anda
Ketika Anda membuat sebuah bisnis pribadi, Anda biasanya secara pribadi bertanggungjawab atas semua keputusan dan hutang yang berasal dari bisnis tersebut. Hal ini termasuk pinjaman perusahaan, pajak, uang para supplier barang dan yang menyewakan tempat dan tanggung jawab-tanggung jawab lainnya yang menjadi tanggung jawab Anda terhadap perusahaan akibat gugatan hokum. Jika Anda tidak melindungi diri, seorang kreditor bisa pergi begitu saja dengan membawa pergi asset pribadi Anda, seperti mobil dan rumah Anda, untuk membayar hutang Anda.
Sebetulnya anda dapat melindungi diri Anda di hadapan hukum dengan membeli asuransi pertanggungjawaban perusahaan, tetapi hal ini tidak akan membantu Anda. Jika Anda ingin berhutang dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk membuat sebuah perusahaan atau perusahaan terbatas.
4. Pahami Bagaimana dan Jika Anda Akan Membuat Keuntungan
Anda dapat membuat satu kalimat pendek untuk mengungkapkan itu bagaimana bisnis plan Anda dapat membuat profit yang besar. Bagi pemula, Anda mesti tahun berapa biaya yang akan Anda keluarkan berapa banyak Anda akan menghabiskan uang untk membeli peralatan, membayar sewa, membayar pegawai dan menutup biaya-biaya tak terduga lainnya.
Maka Anda dapat menggambarkan secara tepat seberapa banyak Anda harus menjual tiap bulannya untuk mendapatkan rupiah, untuk menutup segala biaya dan mendapatkan keutungan di sisi lailn. Jumlah itu semua Anda butuhkan untuk membuat sebuah “analisa break even.” Atau analisa keuntungan dan balik modal.
5. Membuat perencanaan bisnis, tak peduli seberapa banyak
Setelah mengetahui jumlah keuntungan dan membuat sebuah analisa break-even adalah langkah pertama dalam membuat sebuah perencanaan bisnis. Bagi sebagian besar perusahaan kecil, bagian kunci dari sebuah perencanaan bisnis adalah analisa break-even, taksiran rugi laba, dan proyeksi cash flow.
Memproyeksikan cash flow adalah kunci dan itu langkah untuk mengetahui perusahaan untung atau rugi: walaupun bisnis anda dapat berjalan dan menjual banyak produk, jika Anda tidak dapat balik modal dalam tempo waktu 90-180 hari, itu artinya Anda tidak dapat bertahan lebih lama lagi kecuali Anda telah memplaning untuk mengantisipasinya.
Memproyeksikan cash flow adalah kunci dan itu langkah untuk mengetahui perusahaan untung atau rugi: walaupun bisnis anda dapat berjalan dan menjual banyak produk, jika Anda tidak dapat balik modal dalam tempo waktu 90-180 hari, itu artinya Anda tidak dapat bertahan lebih lama lagi kecuali Anda telah memplaning untuk mengantisipasinya.
Membuat sebuah perencanaan bisnis juga memungkinkan Anda untuk menentukan dana awal yang Anda proyeksikan untuk memulai (berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk Anda simpan) dan apa strategi marketing yang akan Anda gunakan (yaitu cara bagaimana Anda menyentuh konsumen Anda untuk menjual). Jika Anda tidak bisa untuk membuat sejumlah langkah kerja di atas kertas, maka Anda juga tidak bisa untuk mengaplikasikannya di lapangan.
6. Dapatkan dan Jaga Nilai Persaingan Bisnis Anda
Membangun nilai persaingan dalam bisnis Anda adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menggapai sebuah kesuksesan jangka panjang. Beberapa cara untuk menciptakan nilai persaingan adalah dengan cara mengenali dengan baik lawan Anda atau pesaing Anda, membuat sebuah produk yang sulit untuk ditiru, memproduksi dan mendistribusikan produk Anda dengan secara lebih efisien, memilih lokasi yang tepat, atau dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik dan memuskan.
Dan satu hal lagi yang mesti Anda perhatikan dalam hal persaingan adalah melindungi rahasia-rahasia dagang Anda informasi rahasia yang memberikan Anda manfaat persaingan di pasar. Contoh dari rahasia dagang meliputi data konsumen Anda, metode survey, strategi pemasaran dan tehnik-tehnik produksi.
Untuk melindungi rahasia dagang Anda di bawah perlindungan hukum, langkah yang dapat Anda lakukan dengan menaga kerahasiaan informs. Langkah-langkah tersebut adalah dengan memberikan label “rahasia” terhadap dokumen-dokumen, menggunakan password untk memprotek segala informasi yang ada di dalam computer, menggunakan perjanjian yang bersifat tertutup dan membatasi akses karyawan dengan alasan yang tepat untuk mengetahui rahasia dagang Anda.
Dan cara lain untuk menjaga daya saing usaha/bisnis Anda adalah dengan beraksi cepat terhdap segala berita buruk. Bila suatu saat Anda melihat bahwa bisnis Anda perlu untuk beriklan, maka lakukan dengan segera. Yang memuat bisa soal perpindahan kantor Anda ke lokasi lain, pengenalan produk baru atau pelayanan, atau membuat suatu terobosan untuk mencapai customer.
7. Buat Seluruh Perjanjian Secara Tertulis
Segala hukum yang Anda nyatakan baik kontrak atau pun segala perjanjian harus dibuat secara tertulis. Walau pun secara hukum tidak disyaratkan, adalah bijaksana bila Anda membuat segalanya secara tertulis, karena perjanjian secara lisan sulit bahkan tidak mungkin untuk bisa dibuktikan. Biasakan diri Anda untuk selalu menuangkan segala bentuk perjanjian, transaksi dan kontrak secara tertulis.
8. Cari dan Jaga Pegawai yang Baik
Anda harus mencari dan menjaga karyawan yang benar-benar baik, bukan hanya karyawan yang mampu secara kompetensi saja. Karyawan yang berkompetensi tinggi dan benar-benar antusias adalah minimal dua atau bahkan tiga kali lebih berharga dari orang yang berkemampuan pada umumnya.
Untuk menciptakan keseimbangan dan kebahagian dalam suasana kerja, adalah sangat penting tidak hanya para pegawai Anda yang percaya bahwa mereka diperlakukan secara adil, tapi juga bahwa bisnis Anda adalah pantas dihargai. Karena pegawai yang menyukai pekerjaannya akan memberikakn yang terbaik buat Anda baik saat kerja atau tidak. Dan para konsumen akan lebih senang lagi utnuk merekomendasikan ke orang-orang terdekat mereka.
9. Bayar semua billing dan pajak Anda tepat waktu
Di jaman sekarang ini, di mana reputasi untuk menjaga janji seorang adalah asset yang sangat berharga, yang baik adalah membayar rekening Anda di muka atau membayar mereka di awal.
Itulah 9 tips membangun bisnis baru, semoga bermanfaat bagi anda yang lagi getol membangun bisnis baru. Smoga kesembilan tips di atas sanggup menambah inspirasi dalam dunia bisnis untuk kesuksesan dimasa mendatang.
Itulah 9 tips membangun bisnis baru, semoga bermanfaat bagi anda yang lagi getol membangun bisnis baru. Smoga kesembilan tips di atas sanggup menambah inspirasi dalam dunia bisnis untuk kesuksesan dimasa mendatang.
Comments
Post a Comment